Perbedaan Cilok, Cireng dan Cimol hingga Baso Aci

Perbedaan Cilok, Cireng dan Cimol hingga Baso Aci

Cilok, cireng, dan cimol adalah makanan yang tidak asing lagi untuk kalangan masyarakat. Jajanan yang berasal dari Jawa Barat itu, kini sudah menyebar ke berbagai kota.
Cilok adalah singkatan dari aci dicolok. Cireng adalah singkatan dari aci digoreng. Sedangkan cimol adalah singkatan dari aci digemol.
Aci adalah sebutan orang Sunda untuk tepung kanji atau disebut juga tepung tapioka. Aci merupakan bahan utama dalam pembuatan cilok, cireng, dan cimol. Bumbunya pun hampir sama.
Karena terbuat dari aci, dalam mulut ketika digigit rasanya kenyal. Jadi, paling enak jika dimakan hangat-hangat. Lalu, apa beda dari ketiga makanan ringan itu?

Cilok
Cilok terbuat dari tepung aci yang dicampur sedikit tepung terigu agar tidak terlalu nempel namun tetap kenyal. Adonan ini kemudian dibentuk bulat seperti bakso. Lalu direbus atau dikukus. Cilok yang sudah matang lalu disiram kuah kacang atau kuah kecap. Bahkan sekarang varian rasanya sudah semakin banyak. Biasanya cilok dimakan dengan cara ditusuk menggunakan tusukan sate. Dalam bahasa Sunda, ditusuk itu disebut dicolok. Maka dari itu nama cilok adalah singkatan dari aci dicolok.

Cireng
Berbeda dengan cilok, bentuk cireng bisa pipih atau lonjong tak beraturan. Adonan aci yang sudah dibentuk itu, digoreng hingga berwarna kuning kecoklatan, tapi bagian dalamnya masih agak basah dan kenyal.
Cireng bisa disajikan dengan cocolan, seperti bumbu rujak, saus sambel, atau bumbu kacang.

Cimol
Cimol terbuat dari adonan tepung aci yang dibentuk bulat-bulat. Dalam bahasa Sunda, dibentuk bulat itu disebut dengan digemol. Setelah dibentuk bulat lalu cimol digoreng. Sebelum dimakan, cimol biasanya ditaburi dengan bubuk perasa. Ada rasa gurih, pedas, balado, jagung dan masih banyak varian rasa lainnya. Cimol biasanya dimakan dengan menggunakan tusukan sate seperti makan cilok. Jadi cimol itu perpaduan antara cilok dan cireng.

Baso Aci

Baso aci memang mirip dengan cilok. Akan tetapi sajiannya diberi kuah dan berbagai campuran lainnya seperti cuankie, gurilem, cipet dll. Makanan ini bisa dinikmati dengan sensasi pedas asamnya dan tak kalah mantap dibandingkan dengan makanan olahan tepung tapioka yang lain.

Itu tadi adalah penjelasan dari perbedaan keempat makanan. Sekarang sudah tahu kan, bedanya?
Cilok, cireng, cimol, dan baso aci sekarang semakin dikreasikan dengan beragam rasa, baik sausnya maupun isiannya. Hal tersebut yang menjadi daya tarik untuk para penggemarnya.